12 Cara agar tidak menunda-nunda pekerjaan

14 Agu

Ada 2 hal yang paling sulit dalam bekerja: memulai pekerjaan dan menjaga fokus hingga pekerjaan tersebut selesai. Ya, menunda pekerjaan karena berbagai distraksi yang datang memang kerap jadi penghalang bagi manusia urban untuk produktif.

Apakah kamu salah satu orang yang kerap menunda pekerjaan sampai di detik-detik terakhir? Merasa kebiasaan itu sudah mendarah daging dan sulit dihilangkan? Kali ini Ane akan memberikan cara agar kamu bisa berhenti jadi penunda profesional, sehingga kamu bisa jadi orang yang lebih produktif.

 

1. Jangan Pernah Bekerja Tanpa Prioritas

Menurut Jim Stone, seorang penulis buku mengenai produktivitas, penyebab paling umum dari kebiasaan menunda pekerjaan adalah absennya tujuan yang jelas dari aktivitas seseorang. Dia tidak tahu apa yang akan dan mampu dihasilkan dari pekerjaan yang sedang dilakukannya, serta apa dampak dari pekerjaan tersebut untuk orang lain.

Kebingungan macam ini akan membuat orang malas untuk memulai sebuah tugas. Untuk menanggulangi ini, biasakan untuk membuat prioritas dari pekerjaan yang harus kamu selesaikan pada hari itu. Urutkan dari yang paling sulit atau paling penting. Kemudian, mulailah dari tugas yang berada di urutan prioritas teratas. Dengan cara ini, kamu akan lebih punya motivasi untuk menyelesaikan tugas.

Saran lain datang dari Tim Ferris. Dalam laman pribadinya dia menyarankan agar setiap orang membuat daftar pekerjaan yang mencantumkan 1 tugas yang HARUS diselesaikan dalam hari tersebut. Kepuasan saat berhasil menyelesaikan sebuah tugas akan membuatmu punya semangat untuk melanjutkan ke tugas lainnya.

2. Kosongkan Pikiranmu Dari Informasi yang Terlalu Banyak

Ketika kamu mulai duduk di depan meja kerja, membuka e-mail, Twitter, Facebook dan website lain terkait pekerjaan — saat itu juga akan ada gempuran informasi yang masuk ke otakmu. Terkadang kamu akan kebingungan memilih informasi mana dulu yang harus dicerna.

Kebanyakan orang akan mengalihkan perhatiannya ke hal yang paling mudah. Dampaknya, pekerjaan terpenting hari itu sering tidak bisa diselesaikan. Demi menghindari gempuran informasi yang membingungkan, cobalah selalu pilah informasi tersebut jadi 3 bagian:

Informasi yang harus kamu perhatikan saat itu juga
Informasi yang bisa diperhatikan saat kamu punya waktu luang
Informasi yang memang tidak penting

Dengan cara ini prioritasmu akan tetap terjaga. Kamu akan tetap di jalur yang tepat dalam pekerjaanmu hari itu.

3. Temukan Waktu Dan Tempat Untuk Bisa Bekerja Tanpa Gangguan, Kemudian Terapkan Teknik Podomoro

Kamu sudah berniat fokus dan semangat mengerjakan tugas, eeh tiba-tiba rekan kerja ngajak ngobrol. Atau temanmu yang kocak mengirimimu stiker LINE yang lucu. Buyarlah konsentrasi yang sudah kamu bangun dengan susah payah. Tidak hanya niat yang harus dikuatkan, demi mencapai produktifitas kamu juga perlu menciptakan suasana yang mendukung.

Temukan tempat dan waktu dimana kamu bisa bekerja tanpa gangguan. Kemudian, cobalah terapkan teknik Podomoro. Fokuslah mengerjakan tugasmu tanpa distraksi sedikitpun selama 25 menit. Dalam jangka waktu itu jangan biarkan fokusmu hilang. Jangan buka tab lain, jangan bicara pada rekan kerja, jangan cek ponselmu. Maksimalkan waktu tersebut untuk mengerjakan tugasmu.

Setelah waktu 25 menit itu habis, kamu bisa beristirahat selama 2-3 menit untuk menyegarkan otak. Ulangi lagi teknik Podomoro hingga tugasmu selesai.

4. Ambil Nafas, Berusahalah Untuk Tenang Ketika Ada Tugas yang Membuatmu Stres

Ketika kamu menghadapi tugas sulit yang membuatmu panik dan stres, akan ada kemungkinan lebih besar bagimu untuk menghidari tugas tersebut. Contohnya saja, tiba-tiba kamu ditunjuk untuk jadi penanggung jawab sebuah proyek yang melibatkan klien yang banyak menuntut. Di otakmu langsung terbayang bagaimana harimu akan dipenuhi teror dari klien itu.

Kamu langsung lemas membayangkan kerjasama yang penuh permintaan dan tekanan. Nah, hal seperti ini nih yang bisa membuatmu makin enggan memulai mengerjakan proyek itu. Tarik nafas, ambil waktu sejenak untuk tenang. Cobalah untuk mengerjakan apa yang harus kamu kerjakaan saat itu. Singkirkan dulu berbagai pikiran buruk dalam pikiranmu.

5. Cobalah Untuk Selalu Mencari Tantangan

Bukan hanya tugas yang sulit dan bikin stres yang bisa membuatmu ingin menundanya. Tugas yang terlalu mudah juga bisa jadi tugas yang menggoda untuk ditunda. “Udah ah, ngerjainnya nanti aja. Gampang ini, kok!” mungkin begitu pikirmu. Dampaknya, kamu akan terlena untuk membuang-buang waktu hingga tiba-tiba deadline sudah ada di depan mata.

Jika kamu merasa kewajibanmu tidak menantang atau terlalu mudah, coba komunikasikan dengan bos atau rekan kerjamu. Minta mereka memberikan tugas lebih atau menggantinya dengan tanggung jawab yang lebih besar. Kalau kamu masih mahasiswa dan merasa tugas-tugasmu terlalu remeh, cobalah untuk meningkatkan kualitas hasil kerjamu. Selalu ada ruang untuk analisis lebih dalam dan referensi yang lebih beragam.

6. Jangan Lupa Untuk Selalu Cukup Tidur

Kelelahan dan pikiran yang penat karena kurang istirahat bisa membuatmu tidak fokus dalam menyelesaikan tugas. Ariana Huffington dalam bukunya yang berjudul Thrive menjelaskan betapa tidur dan istirahat yang cukup akan berdampak besar pada produktifitas seseorang:

“Kebanyakan orang takut untuk beristirahat dan tidur cukup, karena mereka mengira itu sama dengan membuang waktu mereka. Padahal dengan tidur cukup seseorang bisa lebih kompeten untuk melakukan tugas-tugasnya”.

7. Paksa Dirimu Untuk Mulai Mengerjakan Tugas

Terkadang hal tersulit bukan menyelesaikan tugas, tapi justru memulainya. Ingat kan rasa malas saat harus mulai mengerjakan sebuah paper kuliah? Tapi kemudian kamu malah menikmatinya ketika sudah ada di tengah proses. Memulai pekerjaan memang tidak pernah mudah.

Semenyebalkan dan sesulit apapun tugas yang kamu hadapi, selalu paksa dirimu untuk memulainya. Jika perlu, mulailah dari tugas yang paling mudah dulu. Kalau kamu bisa memaksa diri untuk memulainya, maka kemungkinan besar kamu juga akan bisa menyelesaikannya.

8. Hindari Distraksi Sekuat yang Kamu Mampu

Kenali apa yang paling membuat konsentrasimu terganggu. Ponsel? Media sosial? Ngobrol sama teman kerja? Nah, sepanjang proses menyelesaikan tugas hindari hal-hal tersebut demi mempertahankan fokusmu. Internet terbukti jadi distraksi yang mengacaukan fokus banyak orang.

Jika pekerjaanmu tidak membutuhkan koneksi internet, ada baiknya kamu mematikan koneksi internetmu dan mulai mecoba fokus bekerja tanpa gangguan.

9. Beri Penghargaan Pada Dirimu Ketika Bisa Menyelesaikan Tugas

Penuhi hak dirimu untuk bersenang-senang setiap kamu berhasil menyelesaikan sebuah tugas. Lakukan sesuatu yang membuatmu riang dan lebih puas. Jika tidak ada orang yang menghargai hasil kerja dan usahamu, kenapa tidak mulai dari dirimu sendiri dulu?

Traktir dirimu dengan makanan enak selepas pulang meeting dengan klien yang banyak menuntut itu. Atau selepas ujian yang membuatmu harus belajar semalaman, kamu bisa bebas nonton serial televisi kesukaanmu. Rasa dihargai karena pekerjaanmu bisa membuatmu mendapatkan sesuatu yang kamu suka akan membuat pekerjaan selanjutnya lebih ringan dikerjakan.

10. Pecah Tugasmu Ke Dalam Bagian-Bagian Kecil

Jika kamu merasa tugasmu terlalu sulit atau rumit, ada baiknya kamu memecah tugas tersebut ke dalam bagian-bagian kecil. Semisal nih, kamu harus membuat paper soal perkembangan agama di Inggris. Kalau kamu merasa tugas itu sangat berat, coba pecah ke beberapa bagian seperti: cari data, membuat pendahuluan, menjelaskan perkembangan agama di Inggris, menulis analisis.

Cara ini akan membuatmu punya pandangan yang lebih jelas soal hal apa saja yang harus dilakukan. Tugas yang harus kamu kerjakan jadi tidak terlalu menakutkan lagi, deh.

11. Bekerjalah Sesuai Ritme yang Kamu Suka

Temukan ritme kerja yang paling sesuai denganmu. Kenali dirimu sendiri. Kapan waktu yang paling produktif bagimu untuk berpikir dan bekerja? Manfaatkan waktu emas tersebut untuk menuntaskan kewajiban.

Dengan mengenal ritme kerja yang paling cocok untukmu, kamu akan lebih mudah memilih waktu dan kesempatan yang memang paling bermanfaat bagi produktivitasmu.

12. Cari Partner Untuk Bekerja Bersama

Kalau kamu sedang berjuang meyelesaikan skripsi dan masih belum kelar juga karena sibuk menunda, tidak ada salahnya kamu mencari teman yang bisa diajak bekerja bersama. Bekerja sendirian bisa membuatmu selalu punya alasan untuk menunda. Nah, dengan adanya teman akan ada orang yang mengingatkan dan membuatmu malu kalau kemajuannya lebih pesat darimu.

Satu yang penting, jangan sampai temanmu itu juga punya kebiasaan menunda pekerjaan ya! Kalau kamu dan dia sama-sama penunda pekerjaan ulung ya akan sama saja.

Semoga dengan cara-cara ini kamu tidak lagi jadi penunda tugas level dewa, ya. Selamat menjalani hidup yang lebih produktif!

Sumber: Kaskus

Mantan Warga SMent yang masih sukses diluar SM

22 Mei

Beberapa hari belakangan segala media sosial sibuk dengan pemberitaan tentang salah satu member sebuah boyband  asal luar angkasa bernama EXO yang berada dibawah naungan SMent yang saat ini lagi naik daun macam ulat pucuk , member yang diberitakan itu bernama Krisdayanti , banyak spekulasi miring tentang keluarnya Kris Exo yang disebut-sebut sebagai saudara  yang tertukar Nia Ramadhani karena kemiripan wajahnya dengan istri Ardi Bakrie tersebut  #abaikan

Mulai dari ingin kembalinya Kris ke tanah air untuk berduet kembali dengan anang ataupun keinginannya untuk fokus membesarkan buah hati tercinta bersama raul lemos #gak , bahkan ada pula gosip miring tentang terkuaknya identitas Kris sebagai manusia purba yang masih tersisa , didukung dengan tampilan tubuh tinggi hampir dua meter dan gigi yang agak offside layaknya Pitekantropus Erectus #lebihngaco

baiklah cukup bercandanya , sekarang kita serius  0_0v

Usut punya usut, ternyata alasan Kris memilih untuk meninggalkan SMent adalah karena ingin  berakting kembali di twilight sebagai bella swan   , disebabkan management SM tidak memberinya kebebasan untuk melebarkan sayap di dunia akting…sayang memang tapi bagaimanapun kita harus mendukung segala keputusan Kris , toh walopun kita engga akan melihat kris menari dan menyanyi bersama Exo lagi , besar kemungkinan kita masih melihatnya kelak di dunia perfilm-an..

Flashback ke masa silam , Kris bukanlah satu2nya warga SMent yang memilih hijrah ke dunia lain  , sebelum dan sebelumnya banyak kok Idol maupun Trainee SM yg setelah keluar dari sana tapi masih bisa kita lihat dan kebanyakan justru menuai kesuksesan yang tidak kalah bahkan melebihi kesuksesan ketika mereka di SM .. mari kita lihat siapa2 saja mereka yang sekarang lagi mekardan bersinar walau udah  di luar SM

 

MANTAN TRAINEE 

1. G-Dragon

Siapa yang engga kenal suami saia (jangan protes)  nan cute sekaligus keren ini sekarang , popularitas dan kualitasnya sebagai entertainer sudah tidak diragukan lagi..tapi tahukah anda jika Leader Bigbang yang jadi anak kesayangan Appa YG di YGent ini dulunya sempat jadi trainee di SMent di usianya yang sangat belia , yaitu umur 8 tahun..sampai kemudian di usia 13 dia hengkang dari SM karena kabarnya sih karena kesukaannya sama Hip Hop sementara SM engga beraliran Hip Hop..oleh karena itu dia dipungut YGent dan diasuh dan dibesarkan sampai sebesar sekarang…

2. Park Gyuri

Sempat di trainee di SM  , tapi engga nemu info dia mau didebutin sebagai apa , tapi sekarang kita mengenalnya sebagai Leader KARA

3. Lee Junki

sekarang kita mengenalnya sebagai aktor , namun rumornya katanya member DBSK itu harusnya 6 orang dan salah satunya Lee junki ini , tapi dia milih keluar dan menjadi seperti yang kita lihat sekarang

4. Heo Youngsaeng

Sekarang kita mengenalnya sebagai member SS501 selain itu dia ngeluarin beberapa album solo juga

5. Park Jungmin

sama dengan younsaeng , park jungmin sekarang kita kenal sebagai member SS501

6. Park Soyeon 

Cewek cantik ini sempat akan debut sebagai Leader SNSD , tetapi karena satu dan lain hal , dia pindah ke agency lain dan debut bersama T-ara

7. Heo Gayoon

engga jelas juga gimana dia di SM dulu , tapi sekarang dia member 4Minute

8. Kahi

Tante cantik ini pernah di Trainee di SMent , dan sempat jadi backing dancer disana (sempat juga macarin yoochun DBSK)  tapi akhirnya kita justru mengenalnya di After School yang membuatnya bersinar dan jadi diva.

9. Lee Jongsuk

Di SMent , cowok manis ini sempat ditrainee untuk jadi member boyband , namun naasnya SM menemukan fakta bahwa jongsuk engga punya bakat mumpuni di bidang tarik suara ataupun dance , sebab itulah dia keluar , namun dia Agensi lain dia justru sukses sebagai aktor.

10 Zico

Zico ini tadinya bakal debut sebagai member Shinee , namun nasib berkata lain, dia justru ditakdirkan menjadi member Block-B

11 Lee Hyori

Tante hyori ini trainee di SM untuk didebutkan sebagai member S.E.S , tapi entah karena alasan apa dia malah engga dipilih , akhirnya dia ganti Agency ke DSP dan debut sebagai member Fin.KL  dan akhirnya solo karier dan saat ini merupakan solo singer paling berpengaruh di korea

12 Lee Sungyeol 

pernah jadi Trainee SM , kemudian keluar dan debut sebagai member INFINITE di Woolim Ent ..tapi sepertinya dia masih berjodoh dengan SMent , karena Woolim pun akhirnya malah berkoalisi (emangnya parpol) dengan SMent

ARTIS YANG KELUAR PERUSAHAAN 

1. No Minwoo  (TRAX)

Waktu di SMent , oppa cantik bin ganteng idaman kaum hawa ini adalah drummer dari band Rock bernama TRAX  (yang sekarang udah engga ngeRock lagi tapi udah pake celana/? eh maksudnya jadi mellow ) dengan nama panggung yahh sebut saja dia Mawar/?  err  ROSE maksudnya , tapi sumpah , dia bukan kekasih Jack yang berhasil selamat dari Titanic itu lho #abaikan  , alasannya keluar dari SM adalah karena pengen menjajaki dunia akting , dan dia membuktikan kalau dia cukup berhasil di bidang itu sekarang , Dr Goblin di My GF is gumiho , Philip di Pasta , dan Tae Ik di Full House 2 , dan beberapa film lagi.. tapi dia engga melupakan dunia musik juga , beberapa filmnya Ost.nya dia nyanyikan sendiri  dan kembali Ngerock dengan band Baru dan nama baru   yaitu ICON , kali ini sebagai vokalis..meskipun namanya begitu , dia benar2 engga ada hubungan dengan 7ICON , even dont dreaming about it baby ‘^’r

2. JYJ   (Jaejoong , Yoochun, Junsu)

Siapa yang engga ingat kisah sedih dihari minggu dimana  sijago merah DBSK terpecah menjadi 2 bagian akibat 3 orang dari TVXQ menggugat SM dengan kasus kontrak budak . Jutaan fans yang harus rela kehilangan Junsu , Jaejoong , dan Yoochun  yang memisahkan diri dengan Yunho dan Changmin .. membuat kita kehilangan momen YUNJAE couple yang termansyur di seantero dunia yaoi itu ..terlebih dengan kisah sedih yang membuat Cassie  nangis darah setelahnya karena bukan cuma keluar agency , 3 diva ini kabarnya juga dilarang berhubungan secara pribadi dengan dua member lainnya , dihalang2i  bak romeo dan juliet..

tapi sisi baiknya kita tidak benar2 kehilangan mereka tak lama mereka eksis kembali dengan nama baru JYJ , wlopun penampilannya sempat di banned di negeri sendiri toh mereka berhasil jadi selebriti terkaya saat itu dalam waktu yang sesingkat2nya pulak..sekarang sih member yg masih aktif nyanyi junsu doang sih kayaknya ,jaejoong dan terutama yoochun malah lebih sibuk main drama ..jaejoong masih ada nyanyi sesekali tapi hampir engga liat yoochun nyanyi lagi..tapi gimanaun mereka sukses sekarang

3. Hangeng

Hangeng kluar SM juga engga jauh-jauh lah dari JYJ , terkait kontrak budak juga ,belum lagi soal kewarganegaraan ..komplit lah pokoke ..dan saat itu ELF juga menangis guling-guling karenanya ..belum lagi kehilangan momen penting HANCHUL couple yang kefamousannya engga kalah sama YUNJAE ..masih ingat betapa dramatisnya adegan tangisan duka lara  + status galau Kim Heechul saat itu  yang mau engga mau bikin kita ikutan nangis.
tapi sekarang Hangeng udah sukses di Cina sebagai penyanyi dan juga aktor  baik nasional maupun internasional engga main2 bow film Hollywood gitu..Transformer 4  @_@

4. Jang Nara

Tante yang masih terlihat imut di usia yang udah 30 lebih ini pernah juga jadi artisnya SM lho sempat debut solo juga  , engga tau kenapa dia keluar dari sana , yg jelas dia udah di agensi berbeda sekarang

5. Park Myung Soo

ahjussi ini mukanya pasti engga asing buat kita karena seringnya beliau muncul di aneka reality show , beliau pernah jadi artis SM juga dulunya..

6. Shinhwa

termasuk boyband fenomenal di jaman mudanya , ahjussi ahjussi ini dulu pernah bernaung di bawah SM juga

——-

jadi friend , buat kamu-kamu yang merasa galau ditinggal Kris hapus air matamu sekarang , mungkin dia emang engga di EXO lagi , tapi bukan berarti kita engga bakal melihatnya lagi..apalagi alasan dia keluar kan karena pengen menjajaki dunia akting..kita bisa berkaca sama  No Minwoo , Lee Junki dan Lee Jongsuk yang keluar karena alasan sama , lihatlah mereka sekarang ..

Drama Korea Hasil Remake

22 Mei

 

Buat yang hobi nonton drama korea , kadang mungkin ada perasaan deja vu ketika menonton , misalnya eh kok rasanya pernah nonton drama ini ya ,, atau emang dari awal udah tau karena sejak sebelum dirilis aja udah digembar-gembor kalau akan dibuat drama korea yang diremake dari  drama  “anu” atau “itu”  yang meskipun kita udah tau ceritanya kayak gimana , kadang bela2in nonton lagi cuma buat liat versi lainnya  terus dibanding2kan.

cukup sudah mukadimahnya , sekarang mari kita lihat sebagian dari drama korea hasil remake tersebut , apa-apa sajakah itu ?

 

1.  BOYS BEFORE FLOWER 

Remake From

METEOR GARDEN 

 

Pencinta Drama asia siapa sih yang engga kenal dengan kedua drama ini , dimulai dari drama meteor garden  asal Taiwan yang berperan besar dalam boomingnya dunia entertaint  asal asia timur yang mempopulerkan F4nya juga ..ceritanya  disadur dari manga epang hana yori dango , tentang geng anak orang kaya di sekolah elit yang dan cewek rakyat jelata yang bersekolah di sekolah elit  yang kemudian disukai 2 diantara geng cowok kaya tsb , beberapa tahun kemudian korea engga mau kalah dan mengeluarkan drama dengan kisah serupa  Boys Before Flower ,walaupun saduran , suksesnya engga kalah kok dari Meteor Garden.

 

2.  PLAYFULL KISS

Remake From

ITAZURA NA KISS

Kisahnya tentang  seorang cewek otak pas2an yang naksir sama cowok paling pintar dan paling ganteng di sekolah , dan beruntung bisa tinggal serumah karena rumahnya kemalangan dan kebetulan orang tua mereka sahabatan.

3. TO THE BEAUTIFUL YOU

Remake From

HANAZAKIRINO KIMITACHIE

Dramanya bercerita tentang seorang cewek yang menyamar dan bersekolah di asrama cowok , demi atlit idolanya yang berhenti dari dunia olahraga supaya aktif lagi.. versi jepangnya juga ada sih dengan judul yg sama , tapi  versi taiwan ini yang duluan  beredar. drama ini juga merupakan adaptasi dari manga

4. ABSOLUTE BOYFRIEND

Remake From

ZETTAI KARESHI

absolute boysfriend bukan drama korea sepenuhnya sih , lebih tepatnya drama kerjasama Taiwan-Korea walaupun cuma go hyesun doang yang artis koreanya , sebelum absolute boyfriend ini beredar, jauh sebelumnya udah ada drama asal jepang dengan cerita sama berjudul Zettai Kareshi , drama ini mengisahkan tentang seorang cewek jones yang terbujuk rayuan sales nyentrik yang menawarkan pacar yang sempurna yang ternyata adalah robot , namun ditengah cerita robot tersebut ternyata bermutasi menjadi punya perasaan layaknya manusia..

drama ini membuat kita menghayal terlalu tinggi sekaligus sinting , dimana lagi bisa punya pacar sempurna kecuali dia robot..bukan engga mungkin hal ginian bakal ada di dunia nyata kelak ..sekarang aja udah ada pacar virtual berbentuk 2D (DOKIMEMO), kelak mungkin dokimemo akan dikembangkan menjadi seperti di drama ini , who knows ‘-‘r

5. SUSPICIOUS HOUSEKEEPER

Remake From

KASEIFU NO MITA

Seorang pria beranak banyak yang baru ditinggal istri yang telah tiada , kelabakan ngurus rumah tangga dan anak2 , akhirnya menyewa pembantu rumah tangga , tetapi ternyata si pembantu bersikap aneh dan mencurigakan latar belakangnya pun misterius..

6. OPERATION PROPOSAL

Remake From 

PROPOSAL DAIKUSEN(Operation Love)

tentang seseorang yang diberi kesempatan kembali ke masa lampau untuk mencoba mengubah takdir cinta tak tersampaikannya , walaupun ujung2nya takdir ya tetap engga berubah

7. FATED TO LOVE YOU

Remake From 

FATED TO LOVE YOU

Dramanya berkisah tentang seorang pria dan wanita yang terpaksa menikah karena kecelakaan/? tapi pada akhirnya mereka saling mencintai , drama koreanya belum dibuat sih , tapi akan segera dibuat dgn  cast  Jang Nara dan Choi Jinhyuk

Sebenarnya sih masih banyak Drama korea hasil remake lainnya , tapi yang dicantumin disini yang udah admin nonton aja (baik salah satu atau kedua versinya) .. dan drama2 diatas itu juga udah cukup sering dibicarain sebagai remake

dan eng ing eng , buat bonus admin juga nemuin ginian

TRIANGLE

Diduga Remake From

TRIMURTI

Mungkin belum pernah ada yang membicarakannya , ini berawal dari admin ngesearch drama jaejoong yang baru dan membaca sinopsisnya “ketika 3 bersaudara yang sangat muda kehilangan orangtuanya dan berpisah tanpa saling mengetahui, 20 tahun kemudian mereka bertemu lagi dan memulai hubungan sebagai saudara”   , entah kenapa secara judul dan cerita kebayangnya film india jadul ini , apalagi secara cover juga hampir serupa susunannya..wkwkw
baiklah , entah remake atau engga karena admin belum nonton Triangle juga , mungkin saja cuma terinspirasi ..

Status Sosial Bernama Agama

8 Mei

Sebelum memulai tulisan ini , pertama-tama saya sebagai penulis saya menghimbau kepada seluruh pembaca untuk tidak langsung menilai tulisan ini berdasarkan judul saja , dan tidak disarankan untuk membaca tulisan ini dengan emosi membabi buta tanpa memahaminya terlebih dahulu..dan saran saya pakailah hati nurani anda untuk membaca tulisan ini.

dan lebih baik untuk tidak membawa potongan-potongan kitab suci dari agama manapun karena SAYA TEGASKAN !!   tulisan ini bersifat UNIVERSAL.

dan satu hal lagi, saya menulis rulisan ini berdasarkan pertanyaan2 yang berkumpul di kepala saya..kenapa begini ..dan kenapa begitu…jadi bagi yang memaki dgn bilang “Sok tau” dan bla bla bla …saya tegaskan ..posisi saya bukan sebagai orang yg tau..tapi sebagai insan yg ingin mendapatkan jawaban.

Sekedar melihat fenomena yang terjadi pada masyarakat kita , terkadang hati kecil saya tergelitik untuk sekedar bertanya , agama bagi kebanyakan orang itu apa sih ?

jika ditanyakan langsung kepada setiap orang , sudah barang tentu mereka semua akan menjawab “tentu saja petunjuk hidup yang berasal dari tuhan untuk kita jalani”

tapi bukan itu yang ingin saya ketahui..tapi tentang bagaimana anda semua menganggap agama itu…

Namun makin kesini saya mulai sedikit memberikan penilaian tentang bagaimana masyarakat kita memperlakukan agama itu sebagai apa..

Maaf , sepanjang penglihatasaya  Agama bagi kebanyakan orang adalah “Status Sosial”  dan agama adalah juga  “Politik”

Agama apa yang anda anut , seberapa sering anda beribadah , seberapa banyak atribut keagamaan anda , yg anda pakai yang anda koleksi , seperapa banyak anda tau tentang agama adalah cara anda menyombong kepada dunia … dan dengan itu memandang rendah kepada orang2 yang dirasa ibadahnya tidak sebagus dia , dan bersikap sinis kepada yang kepercayaannya berbeda dengan dia..manusia seolah berkasta-kasta dalam pandangannya dan ia adalah kasta tertinggi

Seberapa bagus agama anda , seberapa jelek agama tetangga , memerangi apapun yang berasal dari kepercayaan tetangga , dan memerangi agama tetangga , .sepanjang hari mencari-cari apa yang salah kalau perlu dikupas dan digali sedalamnya …mendoktrin banyak orang untuk berperang…agama juga digunakan sebagai alat mengambil kekuasaan…tumpas dan jatuhkan semua saingan..

kebanggaan , kebencian , kesombongan , peperangan …hanya itu yang ada di otak kebanyakan orang beragama saat ini.

tanpa mereka sadari , mereka telah menjadi (maaf) Iblis..

saya pernah mendengar kisah iblis, dimana awalnya dia adalah salah satu jin yang dicintai Tuhan, waktunya hanya dilakukannya untuk beribadah kepada Tuhan sehingga derajatnya selalu dinaikkan oleh Tuhan dari waktu ke waktu.. tapi ketika penciptaan manusia pertama ,karena sombong, Iblis menolak bersujud padanya karena merasa lebih terhormat…bagi iblis si manusia pertama lebih rendah daripadanya karena ia terbuat dari tanah , sementara Iblis adalah Api..

Iblis bangga dengan ibadahnya kepada Tuhan lantas ia menjadi sombong , ia membenci ketika disuruh sujud dengan manusia pertama yang zatnya dia pikir lebih buruk ..dan akhirnya menyatakan perang kepada tuhan.

Jadi teman ,  pernahkah terpikir “kenapa kita mempunyai agama” ?  “apa tujuan kita punya agama” ?

kalau aku pribadi untuk ketenangan hati , mengungkung emosi , dari agama belajar untuk selain dekat dengan tuhan , harus berhubungan baik juga dengan makhluknya…

Untuk apa agama jika kita menggunakannya hanya sebagai alat kekuasaan dan ego agar menjadi terpandang?

Untuk apa agama jika kita menggunakannya hanya untuk mencari-cari musuh dan memandang rendah orang lain ?

Untuk apa agama jika hati kita tidak menjadi tenang karenanya , tapi malah selalu panas dan berkobar seperti api?

[My Story] Invasi lebah di kamar mandi

5 Mei

Berawal di hari minggu sekitar jam enam pagi , ketika aku baru aja tertidur lelap karena semalaman begadang….terdengar suara gemuruh seperti angin topan karena  ada suara gemerisik dedaunan yang menderu-deru..kupikir lagi badai pagi-pagi itu tapi anehnya tidak terdengar suara hujan,,

dipikir-pikir lagi kayaknya bukan topan deh,,,apa itu…???

tiba-tiba terdengar bunyi ” BRUK!! BRUAKK !!! ”  oooo itu bunyi sesuatu yang tumbang…sepertinya ada penebangan pohon di rimba mini kavling tetangga ..ahh ya sudahlah , lahan sebelah mungkin mau dibuka dan dibangun sesuatu …

—–

keadaan tenang sampai siang hari ketika aku memutuskan bangun di siang hari yang panas , gerah dan hendak sesegara mungkin menunaikan hajat mandi…terbayang akan guyuran air kamar mandi yang segar dan menyejukkan jiwa raga yang sedang panas membara karena gerah ini…

tapi sesampainya di dekat kamar mandi …

o ow ..apakah itu ? terdengar suara menderu -deru yang cukup nyaring…

“NGUUUNG~~  NGUUUNG ~~ ”

apakah helikopter telah lewat ?  tentu saja tidak ..

JENG JENG JENG ! …. ternyata di atap kamar mandi telah bertengger ..satu koloni lebah …

bukan 1 atau 2 lebah yang berterbangan dengan unyunya seperti Hachi lho ya… tapi SATU KOLONI LEBAH  

 

BAYANGKAN INI ADA DI KAMAR MANDI ANDA ><

 

yaps satu koloni yang artinya ada RATUSAN atau mungkin RIBUAN “LEBAH” disana …

dari jenisnya sih LEBAH MADU sepertinya karena ciri2nya yang berwarna kuning garis-garis item itu…sejenis lah sama Hachi si lebah…bisa aja sih mereka ngebuat sarang dan menghasilkan madu.

dan sepertinya mereka adalah lebah tunawisma yang wilayahnya baru saja dihancurkan para penebang pohon yg menebangi hutan sebelah kost.

tapi ini kamar mandi bukanlah tempat yang cocok untuk memelihara lebah, dan aku juga sama sekali tidak berniat memelihara lebah…engga bisa ngebayangin aja aku mandi .. nongkrong buang hajat sambil dikelilingi lebah-lebah unyu yang saking banyaknya keunyuannya sudah jauh berkurang dan jatuhnya malah mengerikan. ..lagipula aku ini MANUSIA , bukan BERUANG MADU.. yang bisa bersahabat dengan lebah /? dan berbagi madu bersama ….

Sumpah , ini bukan aku u3u

engga tau sih mereka bersahabat atau engga…kalau di pilem kartun sih gitu …

Bee and Bear Together

tapi aku tak punya keinginan sama sekali untuk hidup bersama lebah madu.

 

jadi keinginanku saat itu cuma 1 , menyingkirkan lebah madu sialan yang telah klaim wilayah seenaknya itu…dengan merencanakan serangan balik…

 

Pernyataan Perang

 

bermodalkan  KARDUS + HVS BEKAS YANG DIREMAS + MINYAK TANAK + KOREK  , aku mulai bergerilya ke kamar mandi … bakar kardus yg berisi hvs , masukkan ke kamar mandi , tutup pintu kamar mandinya…harapan saat itu semoga api dan asapnya bisa mengusir lebah-lebah tersebut.

seketika aku langsung mendengar suara menderu yang nyaring , suara keputus-asaan dan sakaratul maut lebah-lebah yang sepertinya kepanikan di dalam sana .. sekilas tampak bubungan asap hitam memenuhi kamar mandi ..kutunggu beberapa waktu sampai asapnya menghilang…. kubuka pintu dan tada…..

 

kira-kira mirip seperti ini kondisinya

 

ratusan / ribuan mayat lebah pun bergelimpangan di lantai , di wc  dan di bak mandi … whooo ternyata aku baru sama melakukan Genosida terhada koloni lebah ini …tapi mau gimana lagi ..mereka duluan yang melakukan klaim wilayah secara ilegal….

sekitar 99 % lebah sudah tewas dalam tragedi kabut asap api itu , menyisakan sekitar sepuluh sampai belasan lebah saja .. yang masih mendengung-dengung……

setelah membersihkan seluruh kamar mandi …tetep juga engga berani mandi.tapi deg2 an karena masih ada beberapa lebah yg berputar2 di kepala…akhirnya mandinya numpang juga ….tapi tetap aja aku senang karena sebagian besar lebah sudah tersingkirkan …

 

 

Mengupas Buku Kontroversi “Alfie’s Home”

5 Mei

Lagi ramai beredar foto di jejaring sosial sebuah halaman buku yang narasinya sangat vulgar dan dianggap mengajarkan hal yang negatif ..tapi sayangnya kebanyakan hanya menghujat setelah melihat satu halaman saja … lalu seperti apakah buku itu sebenarnya?

 

ALFIE’S HOME

Halaman pertama. Ortu Alfie suka bertengkar. Ayahnya jarang di rumah

 

Halaman kedua. Ibu Alfie menangis. Alfie menjd sedih dan sendirian

 

Halaman ketiga. Paman Peter datang ke rumah dan beri perhatian. Senang pegang-pegang dan bilang bahwa semuanya rahasia

 

Halaman empat. Ayah dan ibu makin sering bertengkar. Alfie makin besar dan sering diejek banci lo sama teman2nya

 

Halaman lima. Akhrnya Alfie ketemu konselor utk curhat. Konselor bilang Alfie bukan gay walaupun prnh dilecehkan

 

Halaman 6. Konselor jelasin mengalami pelecehan seksual di masa lalu oleh paman belum tentu menjadikan Alfie gay

 

Halaman 7. Akhrnya Konselor menjelaskan kpd ortu ttg keadaan Alfie

 

Halaman delapan. Ayah dan ibu Alfie sepakat untuk tidak berantem lagi. Dan Paman menyesal dengan perbuatannya

 

Halaman sembilan. Epilog. Alfie menghabiskan wktu bersama ayahnya lagi. The end.

 

tweet by clara ng :

“Berhari2 bacain orang2 mengutuk halaman itu dgn tema yg benar2 berbeda tanpa paham seluruh isi buku dan tujuan buku tsb dikampanyekan. So if u don’t get enough hate in your life or misunderstanding, the good news is u can do it in social medias. Everyone will support u. Anybody who are dying to know the storyline got it right here. Tafsirannya, aku kembalikan ke para pembaca semuanya…”

 

Ulasan tentang buku ini oleh ID kaskus “Buduran”

  1. Terkait berita satu halamanyang beredar di twitter atau Path atau sosial media channel lainnya, jangan langsung asal judge bahwa itu buruk atau bagus banget. cari tahu dulu..sumber dan kebenarannya.
  2. setelah lihat semua halaman dari apa yang di posting mbak Clara, buku ini sebenernya bagus lho..
  3. Pertama ini mengajarkan kepada orangtua yang sering bertengkar, bahwa efek dari pertengkaran akan membawa dampak yang tidak menyenangkan bagi anak yang menyaksikan hal ini. salah satunya, orangtua kemungkinan hanya akan fokus pada masalah mereka sendiri lantas lupa bahwa anaknya baru saja mendapatkan masalah dalam hidupnya. contoh dalam kasus ini adalah pelecehan seksual.
  4. Orangtua harus berfikir ulang untuk membangun pola asuh yang baik buat anak. apa yang mereka lakukan akan direkam seumur hidup oleh sang anak dan bisa jadi, anak akan mencontoh. Misal : laki laki akan tumbuh menjadi anak yang kasar kepada perempuan, mencontoh ayahnya.
  5. Untuk kasus Gay yang disorot dalam Buku ini, buku ini hanya memperjelas bahwa trauma yang diakibatkan pelecehan seksual bisa mengakibatkan trauma. namun belum tentu kemudian anak yang mendapatkan pelecehan seksual lantas menjadi Gay. Sebaiknya anak yang mendapatkan pelecehan mendapatkan penanganan yang baik. dari konselor ataupun orangtua. *(please correct me if I’m wrong)
  6. Lalu, jangan lantas juga kemudian kita menjudge menjadi seorang Gay itu buruk. — saya gak mau jelasin disini karena menjadi gay adalah pilihan dan menjadi identitas serta ketertarikan seksual yang bisa saja terbawa secara lahiriah. its normal for me. *(Pembaca bebas berpendapat)
  7. Buku semacam ini sebenarnya baik untuk anak, supaya kemudian anak belajar dan mau memahami bahwa komunikasi dengan orangtua akan menjadi jembatan yang sangat baik untuk belajar. baik bagi anak maupun bagi orangtua.
  8. poin ini tambahan dari Mbakyu-ku Asti Widihastuti, setelah saya sharing tulisan saya di Facebook. “bahwa pelaku pelecehan seksual gak selalu orang asing yang menakutkan, tapi orang dekat yang nampaknya tidak jahat dan berbahaya. bahkan sering terjadi pelaku adalah orang-orang dekat”. seperti ayah/ibu, paman/bibi, atau kakak..atau guru”

 

sumber : kaskus

10 Rahasia Yang Gak Boleh Diumbar

5 Mei

Semua orang pasti memiliki rahasia. Ada yang bilang, hidup tanpa rahasia rasanya flat dan gak berarti. Di dalam rahasia terdapat privasi dan konsekuensi yang besar, kadang kamu harus menjaga rahasia untuk menjamin keamanan dan membahagiakan orang lain.

Apa kamu siap merasa malu akibat lidah yang tergelincir, atau tidak lagi mendapatkan kepercayaan, bahkan tidak diterima secara sosial akibat rahasia yang terbeber dari mulut kamu? Ini dia 10 Rahasia yang jangan diumbar:



Gaya Hidup


Setiap orang memiliki pilihan gaya hidupnya sendiri. Apa yang membuatnya nyaman, itu yang akan dipilihnya. Selama tidak mengusik orang lain, kamu bisa tetap menjalankannya. Jika gaya hidupmu ternyata mengganggu, sebaiknya simpan rapat-rapat dari orang lain dan jadikan pilihan itu rahasia yang gak perlu diumbar.

Ketidakmampuan


Jujur memang perlu, tapi mengumbar ketidakmampuan kadang hanya akan berujung pada olok-olok yang akhirnya menyakitkan hati. Mungkin kamu bisa berbohong dengan tersenyum bahwa olokan itu bukan hal yang berarti, tapi apa hatimu merasa begitu?

Buku Harian


Menulis buku harian atau coretan asal berisi curhat pribadi, wajib disimpan rapat dan rapih kalau kamu ingin segalanya berjalan normal. Isinya yang kadang bahkan kamu anggap tidak penting, bisa jadi pengetahuan orang lain tentang kamu. Entah lebih baik, atau buruk.

Rasa Takut


Rasa takut merupakan hal alami dan tidak perlu diumbar. Semua orang memiliki rasa takut dan pada dasarnya berusaha untuk menghadapinya. Biar orang lain tahu sendiri seandainya kamu punya rasa takut berlebih, tanpa menjadi alasan mereka akan menertawakan atau sampai berbalik menakut-nakuti kamu.

Kekayaan


Kekayaan sebaiknya digunakan untuk membangun reputasi, bukan untuk diketahui atau diumbar pada orang lain. Tidak perlu juga membual atau terlalu merendah. Apa yang orang lain lihat tentang kamu itu yang akan jadi pandangan mereka. Hiduplah dengan nyaman dan apa adanya. Toh kekayaan bukan segalanya, dan di sisi lain, justru bisa memanipulasi banyak hal dan membuat kamu tidak nyaman.

Kejadian Memalukan


Di satu sisi, kejadian memalukan dan kebodohan sederhana yang diceritakan bisa sekedar jadi banyolan yang mampu menghangatkan suasana ketika kamu berkumpul bersama teman-teman. Tapi, lebih dari itu, keadaan yang membuat kamu sempat trauma agak lama sebaiknya jangan diumbar. Bukan malah menjadi lucu, bahkan teman-teman kamu akan mengubah persepsinya tentang kamu!

Identitas di Internet

 


Kamu sudah sering mendengar modus kejahatan lewat internet yang banyak menimpa orang. Kebanyakan modus itu datangnya dari kecerobohan kamu yang terlalu percaya ketika membeberkan identitas untuk keperluan ini itu di internet. Bahkan ketika sudah merasa dekat dengan seseorang lewat media social, kamu harus tetap merahasiakan informasi pribadi kamu dengan hati-hati!

Kejelekan Orang Lain


Kejelekan orang lain gak perlu diumbar. Apalagi jika orang lain itu teman kita, sekalipun dia memang menyebalkan. Kamu juga gak perlu membicarakannya dengan teman dekat kamu yang lain atau keluarga. Biar orang lain tahu kejelekan orang lain sendiri, bukan dari mulut kamu. Simpan baik-baik kejelekannya dan rahasia buruk apapun yang kamu tahu tentang dia. Kamu juga mau dihargai dengan cara seperti ini kan?

Jatuh Cinta


Masalah jatuh cinta kadang perlu disimpan dulu sampai segalanya pasti. Biar banyak orang bertanya dan memprediksi apa yang terjadi, dan baru dibuka setelah kamu benar dekat atau menjalin hubungan. Apalagi untuk hubungan yang jelas tidak akan disetujui, ada baiknya jatuh cinta tetap jadi rahasia yang rapih dan baru dikatakan setelah benar-benar tepat, penuh persiapan, dan terencana.

Password atau PIN


Membeber rahasia yang satu ini punya konsekuensi yang besar loh. Kamu harus siap privasi dan hak kamu terganggu. Untuk beberapa alasan, misalnya untuk meyakinkan hati sang pacar bahwa tidak ada orang lain selain dia, memberitahu pin memang cara yang baik. Asal kamu konsekuen dengan cara kamu dan bukan menjadikan ini sebagai ajang pemanas hubungan.

Alasan Kenapa Kamar Mandi Sering Dijadikan Tempat Tes Vokal

5 Mei

Aneh sungguh aneh tapi ini beneran nyata. Hal ini dimulai dari satu pertanyaan “Kenapa banyak orang yang sering bernyanyi di kamar mandi?”,..

sumpah itu bener-bener pertanyaan yang enggak masuk akal, kayanya itu ga perlu dijawab. …tapi perlu juga sih …

Iya juga yah? kenapa banyak orang yang bernyanyi di kamar mandi? Mungkin alasan-alasan ini bisa ngejawab pertanyaan tadi.


1. Reflek


Alasan pertama mungkin alasan yang sangat ilmiah sekali! Orang-orang sering bernyanyi di kamar mandi karena reflek. Satu hal yang jelas, orang-orang pergi ke kamar mandi tujuan awalnya bukan buat nyanyi, tapi mau mandi. Jadi jelas bahwa itu reflek!

2. Sengaja


Alasan yang kedua ini mungkin aja bisa masuk akal. Saking suaranya jelek banget, ada juga orang yang terpaksa nyanyi-nyanyi sendiri di kamar mandi.

3. Sambil Menyelam Minum Air


Sambil menyelam minum air itu kayanya pribahasa yang paling ngena buat orang-orang yang suka nyanyi di kamar mandi. Sambil nunggu “hasil produksi” keluar, apa salahnya sambil bernyanyi. kayanya jauh lebih Asik!

4. Lagi Galau


Orang yang lagi galau biasanya bawaannya itu mau nyanyi terus. Mau tidur pasti nyanyi dulu, mau makan nyanyi dulu, mau boker nyanyi dulu, mau mandi juga ya nyanyi dulu biar afdol gitu..

5. Salah Pernyataan


Coba deh kalo kamu baca dari awal, kayanya pertanyaan yang di awal agak sedikit rancu “banyak orang yang bernyanyi di kamar mandi”. Faktanya cuma ada satu orang doang yang nyanyi di kamar mandi.

 

sumber : Vivaforum